Yesaya 37:10-13
37:10 "Beginilah harus kamu katakan kepada Hizkia, raja Yehuda: Janganlah Allahmu yang kaupercayai
1 itu memperdayakan
engkau dengan menjanjikan: Yerusalem tidak akan diserahkan ke tangan raja Asyur.
37:11 Sesungguhnya, engkau ini telah mendengar tentang yang dilakukan raja-raja Asyur kepada segala negeri, yakni bahwa mereka telah menumpasnya; masakan engkau ini akan dilepaskan?
37:12 Sudahkah para allah dari bangsa-bangsa yang telah dimusnahkan oleh nenek moyangku,
dapat melepaskan mereka, yakni Gozan, Haran,
Rezef dan bani Eden
yang di Telasar?
37:13 Di manakah raja negeri Hamat dan Arpad
raja kota Sefarwaim,
raja negeri Hena dan Iwa?
"
Yesaya 37:2
37:2 Disuruhnyalah juga Elyakim,
kepala istana, Sebna,
panitera negara, dan yang tua-tua di antara para imam, dengan berselubungkan kain kabung, kepada nabi Yesaya bin Amos.
Kisah Para Rasul 19:10-13
19:10 Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya,
sehingga semua penduduk Asia
mendengar firman Tuhan,
baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
19:11 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat
yang luar biasa,
19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain
2 yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit
mereka dan keluarlah roh-roh jahat.
Anak-anak Skewa
19:13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat
dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus
yang diberitakan oleh Paulus."
Kisah Para Rasul 19:22
19:22 Lalu ia menyuruh dua orang pembantunya,
yaitu Timotius
dan Erastus,
mendahuluinya ke Makedonia, tetapi ia sendiri tinggal beberapa lama lagi di Asia.
Kisah Para Rasul 19:2
19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus
3 ,
ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar
4 , bahwa ada Roh Kudus."
Kisah Para Rasul 1:11
1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea,
mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali
dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Kisah Para Rasul 1:13-19
1:13 Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas,
tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.
1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa
bersama-sama
5 , dengan beberapa perempuan
serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara
Yesus.
Matias dipilih menggantikan Yudas
1:15 Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:
1:16 "Hai saudara-saudara,
haruslah genap
nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas,
pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
1:17 Dahulu ia termasuk bilangan kami
dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini.
"
1:18 --Yudas ini telah membeli sebidang tanah
dengan upah
kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
1:19 Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa
mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.
Daniel 3:15-17
3:15 Sekarang, jika kamu bersedia, demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, sujudlah menyembah patung yang kubuat itu! Tetapi jika kamu tidak menyembah, kamu akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala. Dan dewa
manakah yang dapat melepaskan
kamu dari dalam tanganku?"
3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego
menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini.
3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan
kami
6 , maka Ia akan melepaskan
kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;
Daniel 6:20
6:20 (6-21) dan ketika ia sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara yang sayu. Berkatalah ia kepada Daniel: "Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kausembah dengan tekun, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa
itu?"
Daniel 7:25
7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi,
dan akan menganiaya orang-orang kudus
milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu
dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
Daniel 7:2
7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit
mengguncangkan laut besar,
Daniel 2:4
2:4 Lalu berkatalah para Kasdim itu kepada raja (dalam bahasa Aram
7 )
: "Ya raja, kekallah
hidupmu! Ceriterakanlah kepada hamba-hambamu mimpi itu, maka kami akan memberitahukan maknanya."
Wahyu 13:5-6
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat;
kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan
lamanya.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.
1 Full Life: ALLAHMU YANG KAUPERCAYAI.
Nas : Yes 37:10
Sanherib berusaha sekuat-kuatnya untuk melemahkan keyakinan Hizkia
kepada Tuhan. Dengan angkuhnya raja Asyur percaya bahwa kekuatannya sebagai
raja melebihi kuasa Allah Yehuda atau dewa mana saja.
2 Full Life: SAPUTANGAN ATAU KAIN.
Nas : Kis 19:12
Pelayanan Paulus di Efesus ditandai dengan berbagai mukjizat
penyembuhan dan pelepasan dari setan yang luar biasa, yang terjadi langsung
atau melalui saputangan atau kain yang pernah menyentuh tubuhnya (yaitu,
saputangan keringat atau celemek yang dipakainya ketika membuat tenda).
Penyakit sembuh dan roh-roh jahat lari ketika yang sakit menyentuh kain
tersebut (bd. Kis 5:15; Mr 5:27). Para penginjil sekarang ini yang
berusaha untuk memperoleh sumbangan keuangan dengan meniru cara yang
dipakai Paulus tidak melakukannya dengan motivasi dan roh Paulus, karena
dia tidak melakukan ini untuk memperoleh uang. Paulus hanya melipatgandakan
kuasa yang ada di atasnya melalui sarana-sarana yang nyata, dengan
menyembuhkan dan membebaskan orang dalam jumlah lebih banyak daripada yang
dapat disentuhnya sendiri dengan tangannya.
3 Full Life: SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS?
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
- 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap
para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang
belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
- 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus
untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari
Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada
kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti
mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal
dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru
(Rom 8:9).
- 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah
percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun.
_pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa
menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama
(dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat
menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu
percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah
yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
- (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan
mereka (ayat Kis 19:1-2).
- (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang
dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat
Kis 19:4).
- (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh
dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus
(ayat Kis 19:5).
- (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air,
Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus
atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka
percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka
terdapat suatu selang waktu.
Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah
mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh
Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi
orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
4 Full Life: BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR.
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum
pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran
PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes
Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus
(Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas
orang-orang percaya (Kis 1:5,8).
5 Full Life: BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA-SAMA.
Nas : Kis 1:14
Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia.
Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melakukan
pekerjaan Allah harus menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus lewat suatu
komitmen kepada kehendak Allah dan melalui doa (ayat Kis 1:4; 2:38;
Kis 9:11-17; bd. Yes 40:29-31; Luk 11:5-13; 24:49). Perhatikan
kesamaan-kesamaan di antara turunnya Roh Kudus atas Yesus dan turun-Nya
atas murid Yesus.
- 1) Roh Kudus turun ke atas mereka setelah mereka berdoa
(Luk 3:21-22; Kis 1:14; 2:4).
- 2) Ada kenyataan-kenyataan yang dapat dilihat dari Roh (Luk 3:22;
Kis 2:2-4).
- 3) Pelayanan Yesus dan para rasul baru dimulai setelah Roh Kudus turun
ke atas mereka (bd. Mat 3:16 dengan Mat 4:17; Luk 3:21-23 dengan
Luk 4:14-19; bd. Kis 2:14-47).
6 Full Life: ALLAH KAMI YANG KAMI PUJA SANGGUP MELEPASKAN KAMI.
Nas : Dan 3:17-18
Sindiran iri hati para peramal dan ancaman-ancaman penuh kemarahan
dari raja Nebukadnezar tidak menakuti ketiga pemuda ini untuk memperlunak
pendirian pribadi mereka. Mereka malah memberikan kesaksian yang berani dan
sangat terus-terang tentang kesetiaan mereka kepada satu-satunya Allah yang
benar. Mereka mempunyai pengharapan dan iman yang terpaut pada Dia yang
adalah perlindungan dan kekuatan mereka (Mazm 46:2; 56:5). Mereka juga
tahu bahwa murka Allah terhadap dosa dan ketidaktaatan jauh lebih hebat
daripada kemarahan manusia (bd. pasal Im 26:1-46; Ul 28:1-68). Jadi,
sebagai ungkapan iman yang kokoh, kepercayaan mutlak dan kesetiaan penuh
kepada Allah, mereka mengatakan, "seandainya Ia tidak menolong." Mereka
memiliki iman yang mengandalkan dan menaati Allah tanpa menghiraukan
akibat-akibatnya. Ketaatan dan kepercayaan yang tabah kepada Allah, dan
bukan terutama pengalaman kebebasan, memberikan bukti sejati iman
alkitabiah. Sebagaimana banyak orang kudus dalam Alkitab, iman ketiga
sahabat ini diuji amat sangat.
7 Full Life: DALAM BAHASA ARAM.
Nas : Dan 2:4
Hingga di sini, kitab Daniel ditulis dalam bahasa Ibrani. Mulai ayat
ini tulisannya beralih ke bahasa Aram, bahasa yang dipakai dalam
perdagangan dan komunikasi pemerintahan. Pemakaian bahasa Aram dalam kitab
Daniel berlangsung hingga pasal Dan 7:1-28; pasal Dan 8:1-12:13
kembali ditulis dalam bahasa Ibrani.